Pengertian dan Tujuan Permainan Sepak Bola

Sepak bola merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia. Lantas, apakah pengertian dari sepak bola?

Melansir situs web Ballerstatus.com, sepak bola menjadi acara olahraga yang paling banyak ditonton di televisi berdasarkan data yang dihimpun pada Juni 2021.

Sepak bola disebut sebagai “raja” olahraga dengan jumlah penonton di dunia mencapai 3,5 miliar.

Sepak bola mengungguli cabang olahraga populer lainnya seperti kriket, bola basket, tenis, dan juga bola voli.

Popularitas sepak bola juga sampai di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari ramainya penonton saat ada pertandingan sepak bola.

Sebagai cabang olahraga, banyak orang memainkan sepak bola, baik sekadar hobi atau menjadi pemain profesional.

Pengertian dan Tujuan Permainan Sepak Bola

Pengertian sepak bola

Sepak bola merupakan jenis permainan bola besar. Permainan ini dimainkan oleh dua regu atau tim secara berlawanan. Jumlah pemain sepak bola adalah 11 yang berada di lapangan.

Pengertian sepak bola menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan, yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2×45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Sementara itu, pengertian sepak bola menurut Encyclopedia Britannica adalah permainan yang melibatkan dua tim yang terdiri dari 11 pemain yang mencoba mengarahkan bola ke gawang tim lawan.

DikutipĀ https://www.noisaremotutto.org/ dari Modul 1 Tim Kesebelasan Sepak Bola (2017) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola untuk diperebutkan di antara pemain-pemain.

Induk sepak bola dunia adalah Federation Internationale de Football Association (FIFA). Adapun, induk sepak bola Indonesia adalah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Tujuan permainan sepak bola

Tujuan dari permainan sepak bola adalah mencetak gol ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan gol.

Dalam permainan sepak bola, gol adalah ketika bola masuk secara penuh ke dalam gawang. Sepak bola adalah olahraga berdasarkan waktu.

Sepak bola dimainkan selama 90 menit yang dibagi menjadi dua babak. Durasi masing-masing babak adalah 45 menit.

Pemenang dalam permainan sepak bola adalah tim yang berhasil mencetak gol lebih banyak.