Memahami Makna Lambang Sila ke-2 Pancasila, Rantai Warna Emas Berbentuk Persegi dan Lingkaran

Pancasila merupakan entitas utama yang dipegang bangsa Indonesia, sejak awal didirikannya bangsa ini. Memiliki lima sila yang ditunjukkan dengan lima lambang berbeda, makna yang dikandung juga berbeda mewakili masing-masing sila, termasuk lambang sila ke-2.

Lambang sila ke-2 yaitu rantai akan jadi bahasan pada artikel singkat kali ini. Sebab mungkin, beberapa orang kerap keliru mengartikan makna gambar rantai dalam Pancasila.

Lambang Sila Ke-2 Pancasila

Sila kedua sendiri berbunyi, ‘Kemanusiaan yang Adil dan Beradab’. Sila ini ingin menunjukkan bahwa nilai hidup yang dipegang oleh masyarakat Indonesia secara umum adalah kemanusiaan yang adil menurut hukum, dan beradab sehingga seimbang dalam prakteknya.

Lambang yang dijadikan perwakilan sila ini adalah rantai dengan warna emas atau kuning. Jika dicermati, ada dua jenis mata rantai yang digunakan, yakni berbentuk persegi (melambangkan laki-laki) dan berbentuk lingkaran (melambangkan perempuan).

Simbol ini selain menunjukkan kesetaraan juga menunjukkan bahwa kemanusiaan yang adil dan beradab berlaku untuk masyarakat laki-laki dan perempuan, dengan mempertimbangkan semua hak dan kewajibannya.

Memahami Makna Lambang Sila ke-2 Pancasila, Rantai Warna Emas Berbentuk Persegi dan Lingkaran

Makna lambang sila ke-2, rantai emas adalah bahwa setiap manusia saling membutuhkan dan perlu bersatu sehingga bisa menjadi satu sistem yang kuat. Mengakui serta memperlakukan setiap orang dengan adil dan setara sesuai hak dan kewajiban asasi manusia.

Dari dasar pikirannya saja, Pancasila memang memiliki nilai-nilai ideal yang bisa jadi pegangan seluruh bangsa Indonesia. Jika dipraktekkan dengan benar, maka kondisi ideal di masyarakat juga akan tercapai dalam tempo yang tidak terlalu lama.

Nilai yang Terkandung dalam Lambang Sila Ke-2

Ada beberapa nilai yang terkandung dalam Pancasila, khususnya lambang sila ke-2. diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Kesopanan dan beradab
  • Rasa empati dan kasih sayang
  • Kesamaan derajat sesama manusia
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan

Nilai-nilai ini harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat tercapai kondisi masyarakat ideal untuk seluruh masyarakat Indonesia. Dipraktekkan dalam berbagai lini kehidupan, masyarakat sebenarnya sudah memiliki pegangan yang kuat secara mendasar dari Pancasila ini.

Sekian tadi sedikit penjelasan mengenai lambang sila ke-2 Pancasila, bahasan singkat, dan nilai yang terkandung di dalamnya. Semoga artikel ini bermanfaat, dan semoga hari Anda menyenangkan!