Google Maps Bisa Bantu Deteksi Kemacetan Lalu Lintas, Bagaimana Caranya?

Google maps merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk mendapatkan rute-rute petunjuk jalan menuju suatu tempat dengan cepat dan mudah. Tetapi, Google Maps tidak hanya berfungsi sebagai penujuk jalan.

Aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui kondisi lalu lintas seperti kemacetan dalam suatu perjalanan. Tentunya, aplikasi ini sangat berguna untuk mencari jalur alternatif untuk menghindari kemacetan. Lantas, bagaimana https://www.noisaremotutto.org/ cara melihat rute perjalanan macet atau tidak di Google Maps?

Google Maps Bisa Bantu Deteksi Kemacetan Lalu Lintas, Bagaimana Caranya

Sebenarnya, untuk melihat rute perjalanan macet di Google Maps sangat mudah dan simple. Namun, langkah utama yang mesti dilakukan adalah mengaktifkan fitur lokasi atau GPS di ponsel. Selanjutnya, pastikan ponsel memiliki koneksi internet sebab guna melihat kondisi lalu lintas macet atau tidak di Google Maps secara real-time.

Meskipun koneksi internet tidak terlalu masalah, tetapi tanpa koneksi internet pengguna akan sulit mengetahui jalan macet secara langsung sebab Google Maps tidak meng-update kondisi secara langsung.Karena itu, wajib memiliki kuota internet agar Google Maps bisa memperbaharui kondisi lalu lintas sepajang waktu.

Untuk lebih lengkapnya, berikut cara melihat jalan macet di Google Maps:

  • Aktifkan GPS pada ponsel.
  • Bukalah aplikasi Google Maps.
  • Tentukan lokasi tujuan dengan menuliskan alamat lokasi tujuan di bar search here di bagian atas.
  • Klik pada alamat yang akan dituju.
  • Kemudian, pilih opsi direction untuk menunjukan rute menuju lokasi tujuan.
  • Pada tahap ini, Google Maps akan menunjukkan rute jalan dengan berbagai macam warna, mulai dari warna merah, kuning, dan biru.

Untuk cara melihat jalan macet di Google Maps, maka pengguna cukup memperhatikan warna jalan. Bila jalan pada rute berwarna merah, maka jalanan tersebut sangat macet. Sementara itu, warna kuning bermakna kondisi jalanan padat merayap. Meskipun penuh dengan kendaraan dan terkesan macet, tetapi jalanan berwarna kuning ini masih bisa dilalui oleh kendaraan dan tidak terlalu macet. Terakhir, warna biru menggambarkan kondisi jalanan tersebut sangat lancar dan lengang.