Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen

Media sosial Instagram kerap dianggap sebagian masyarakat sebagai salah satu hal penting dalam berinteraksi di internet. Meski demikian ada pula masyarakat yang ingin keluar dari platform ini untuk selamanya dengan berbagai alasan.

Salah satu alasan yang umum yakni terlalu banyak waktu terbuang hingga penggunanya merasa kecanduan. Selain itu ada juga pengguna yang ingin keluar karena merasa tidak nyaman dengan pengguna lainnya.

Keluar dari Instagram dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menghapus aplikasi, menghapus akun sementara, atau menghapus akun secara permanen.

Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen

Menghapus akun Instagram secara permanan tampak sedikit ekstrem, namun bisa menjadi pilihan yang tepat jika ingin benar-benar meninggalkan Instagram.

Menghapus akun Instagram secara permanen sebelumnya hanya dapat dilakukan melalui situs Instagram, namun sekarang hal itu bisa dilakukan melalui aplikasi di perangkat Android atau iOS.

Sayangnya, fitur menghapus akun melalui aplikasi tersebut tidak tersedia untuk semua pengguna.

Dilansir https://www.noisaremotutto.org/ dari The Verge, berikut cara menghapus akun Instagram melalui aplikasi di Android dan iOS:

1. Buka aplikasi Instagram di perangkat Android atau iOS

2. Buka bagian Profile

3. Pilih opsi Garis Tiga di kanan atas

4. Pilih Settings

5. Pilih Account

6. Gulir ke bawah lalu pilih Delete Account yang berada di bawah opsi Branded Content

7. Klik Continue deleting account

8. Ikuti instruksi yang muncul di layar

Cara menghapus akun Instagram melalui situs:

1. Buka laman Hapus Akun Instagram di peramban

2. Pilih alasan Anda menghapus akun

3. Klik Delete (nama akun Anda)

4. Masukkan password untuk melakukan konfirmasi

Menghapus akun Instagram secara permanen dapat dibatalkan jika pengguna melakukan log in sebelum batas waktu yang ditentukan habis.

Selain itu, sebelum menghapus akun Instagram, pengguna disarankan mengunduh data unggahan karena setelah akun dihapus, pengguna tidak akan dapat mengakses kembali foto atau video yang ada di akun.