Cara Cepat Melacak Hp dengan Gmail

Melacak handphone (hp) bisa dilakukan dengan Gmail. Cara melacak hp dengan Gmail ini dapat dicoba oleh pengguna, terutama user Android yang ingin mengecek lokasi perangkatnya tersebut.

Pelacakan ini bisa dilakukan misalnya ketika hp-nya hilang, dicuri, terselip, atau lupa menaruh.

Dengan demikian, Anda tidak perlu langsung panik jika hp luput dari genggaman karena bisa dilacak keberadaannya dengan mudah lewat Gmail dan tanpa perlu membuka aplikasi lainnya.

Cara Cepat Melacak Hp dengan Gmail

Mengutip Support Google, dengan cara ini pengguna hp Android tak hanya melacak tapi juga bisa mengunci dan menghapus data ponsel yang hilang.

Melacak Hp Hilang dengan Gmail

Agar bisa melakukan cara melacak hp dengan Gmail, syaratnya perangkat hp harus sudah terhubung atau login ke akun Google.

Selain itu, hp yang dicari juga harus dalam kondisi hidup, terhubung ke internet atau punya kuota, dan fitur GPS atau location service aktif.

Jika ketentuan tersebut sudah terpenuhi di hp, maka Anda bisa melacak hp lewat email ini. Berikut cara mudahnya.

  1. Buka chrome pada perangkat lain, bisa dengan hp, tablet, maupun PC/laptop
  2. Buka situs google.com/android/devicemanager jika menggunakan hp atau https://www.google.com/android/find jika menggunakan pc atau laptop.
  3. Sign in akun gmail dengan memasukkan alamat email dan password
  4. Selanjutnya, Google akan melacak lokasi hp yang terhubung dengan akun Gmail yang dituliskan tadi
  5. Pada layar akan muncul peta dengan perkiraan titik lokasi ponsel. Lokasi yang ditunjukkan merupakan perkiraan. Selain itu, ditampilkan juga tipe hp, lengkap dengan waktu terakhir hp diaktifkan dan persentase sisa baterai.
  6. Sementara pada hp yang dicari tersebut nantinya akan mendapatkan notifikasi pada layar.

Setelah mengetahui keberadaan ponsel, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Mengaktifkan dering dengan menu ‘Play Sound’ untuk membuat hp Anda berdering selama 5 menit tanpa henti. Hp akan berdering kencang meskipun pengaturan hp dalam mode senyap atau silent.
  • Mengamankan perangkat dengan mengaktifkan “Secure Device”. Dengan fitur ini Anda bisa mengunci hp dengan PIN pola maupun sandi. Anda juga bisa menuliskan pesan ke hp tersebut dan akan muncul pada layar.
  • Menghapus data perangkat dengan “Erase Device”. Jika mengaktifkan fitur ini, seluruh data yang terdapat di hp Android akan dihapus secara permanen dan Anda tak bisa lagi melacak lokasinya.

Demikian https://www.noisaremotutto.org/ cara melacak hp dengan Gmail. Selamat mencoba.